Blog Informasi Viral

Yuk, Ketahui Kapan Masa Subur Tiba

cara menghitung siklus haid

Bagi wanita yang belum berada pada fase menopause, penting untuk mengetahui kapan masa subur tiba, supaya bisa segera mendapatkan buah hati. Cara mengetahuinya cukup mudah, kok, apalagi jika kalian sudah mengetahui cara menghitung siklus haid, yaitu dengan mengetahui siklus terpendek atau juga siklus haid terpanjang kalian. Indikator lainnya juga bisa dipakai lho, seperti meningkatnya gairah, lendir di miss V, hingga nyeri di perut atau punggung.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut ini:

1. Mengetahui siklus terpendek

Mengetahui masa subur tiba itu bisa dilakukan dengan metode cara menghitung siklus haid, yaitu dengan mengurangi siklus haid terpendek kalian dengan angka 18. Jika siklus menstruasi kalian berada di rentang waktu 28 hari, artinya masa subur tiba di hari ke-10

2. Mengetahui siklus terpanjang

Begitu pula dengan siklus terpanjang dari siklus haid kalian. Menghitung siklus terpanjang dari siklus haid kalian juga termasuk penting karena kita bisa mengetahui kapan berakhirnya masa subur kita. Cara penghitungannya adalah dengan mengurangi siklus haid terpanjang kalian dengan angka 11. Jika siklus menstruasi kalian berada di rentang waktu 30 hari, itu artinya masa subur kalian berakhir di hari ke 19.

Dengan begitu, apabila kalian memiliki siklus haid terpendek di 28 hari dan siklus haid terpanjang di 30 hari, itu artinya masa subur kalian berada di hari ke 10 hingga ke 19. Tentu saja metode ini hanya dapat dilakukan jika siklus haid kalian lancar dan berjalan teratur ya.

3. Meningkatnya gairah seksual

Pada masa ovulasi atau masa subur, gairah seksual seorang wanita akan mencapai puncaknya. Selain menjadi terlihat lebih seksi, masa ovulasi juga akan meningkatkan gairah seksual seorang wanita dikarenakan otak menerima sinyal dari sistem reproduksi wanita untuk berhubungan intim. Sinyal dari sistem reproduksi wanita muncul saat masa subur karena tingginya peluang kehamilan di waktu tersebut.

4. Munculnya lendir di area kewanitaan

Munculnya lendir bisa menjadi indikasi tertentu dan bukan hanya akibat ovulasi. Lendir yang muncul pada masa ovulasi atau masa subur biasanya berbentuk seperti putih telur dan licin, berbeda seperti sebelum masa ovulasi yang biasanya berwarna keruh dan lengket.

5. Nyeri di bagian perut atau punggung

Nyeri di bagian perut atau punggung wajar terjadi pada saat masa subur seperti halnya nyeri menstruasi. Namun pada beberapa kasus, nyeri di bagian perut atau punggung juga bisa menjadi tanda bahwa kalian sedang berada di puncak masa subur, lho.

Itulah beberapa tanda bahwa kalian berada di masa subur. Setelah mengetahui cara menghitung siklus haid, kalian dapat dengan mudah mengetahui kapan masa subur kalian tiba. Apalagi jika kalian sedang merencanakan kehamilan, penting untuk mengetahui kapan waktu masa subur yang tepat supaya segera mendapatkan buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *