Blog Informasi Viral
Corona  

PMI Siapkan Infrastruktur untuk Percepatan Vaksinasi 100.000 Warga Setiap Hari

Palang Merah Indonesia (PMI) sedang menyiapkan infrastruktur dan jejaringnya untuk mendukung percepatan vaksinasi sebagai kelanjutan dari operasi penanggulangan wabah Covid 19. Wakil Ketua Umum PMI, Prof Ginandjar Kartasasmita mengatakan kesiapan infrastuktur PMI dilakukan setelah melakukan evaluasi internal. Menurutnya persiapan internal PMI terus dilakukan dan terus berkomunikasi dengan pemerintah untuk menjelaskan kesiapan PMI dalam mempercepat vaksinasi.

“Dari assessment internal yang kami lakukan, PMI mampu menyelenggarakan vaksinasi untuk 100.000 warga per hari,” kata Ginandjar, Kamis (29/7/2021) Menurutnya, ini tugas yang tidak mudah, saat pemerintah menargetkan 1 juta vaksin per hari. Namun, PMI menyadari vaksinasi menjadi salah satu solusi atasi pandemi.

“Karena itu, kepada pemerintah PMI telah menyampaikan kesiapannya untuk membantu mempercepat vaksinasi,” kata Ginandjar. Ia menjelaskan PMI memiliki kesiapan infrastruktur dan sumber daya di seluruh Indonesia yang dapat membantu pemerintah dalam mempercepat vaksinasi. Mantan Menko Perekonomian/Kepala Bappenas itu mengatakan PMI memiliki 34 markas provinsi, 409 markas kabupaten dan kota, 236 unit donor darah, dan ratusan ribu relawan terlatih.

“Kerja sama PMI dengan pemerintah daerah dan profesi dokter dan perawat juga sangat baik. PMI siap memobilisasi sumber daya yang ada,” ujarnya. Seperti diketahui, sejak munculnya kasus corona di China pada awal tahun 2020, PMI telah melakukan antisipasi dan respons dengan berbagai kegiatan. PMI melakukan edukasi publik, membagikan paket kesehatan berisi sabun, masker, dan pembersih tangan (hand sanitizers), dan melakukan sterilisasi kota dengan penyemprotan disinfektan.

Saat ini operasi penanggulangan covid 19 PMI terus meluas dengan penyelenggaraan donor plasma konvalesens, dan membantu shelter shelter untuk isolasi mandiri. Ginandjar berujar sebagai persiapan untuk mendukung vaksinasi, PMI menyelenggarakan beberapa pilot untuk menyiapkan sistem, termasuk yang dilaksanakan di Markas Pusat PMI. PMI telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), dan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia.

Dukungan dari lembaga internasional juga terus digalang. Termasuk dari the International Federation of Red Cross (IFRC), Palang Merah negara sahabat seperti American Red Cross (AmCross), Japanese Red Cross Society (JRCS), Singapore Red Cross (SRC), Australian Red Cross dan the International Committee of Red Cross (ICRC).

Leave a Reply

Your email address will not be published.