Blog Informasi Viral

Mengenal Premi Asuransi, Serta Tips Memilih Asuransi yang Tepat

Banyak hal yang harus dilihat dan menjadi pertimbangan sebelum menggunakan jasa asuransi. Salah satunya adalah premi.  Banyak orang yang belum tahu tentang apa itu premi. Pastinya seiring bertambahnya waktu dan usia, kita kita perlu jasa asuransi sebagai jaminan untuk masa mendatang.

Dalam artikel ini nanti Anda akan menemukan pengertian mengenai asuransi itu sendiri, jenis asuransi dan juga apa itu premi asuransi. Bagi Anda yang penasaran, silahkan simak artikel ini sampai selesai ya!

Apa itu asuransi?

Secara umum pengertian dari asuransi adalah perjanjian secara tertulis dan resmi yang dilakukan oleh pihak nasabah dan pihak penanggung. Hal ini dilakukan untuk sebagai penanggung jawaban pihak penanggung untuk menanggung semua resiko nasabah yang tak terduga dimasa mendatang.

Dalam hal ini jelas fungsi asuransi adalah untuk membantu Anda meminimalisir resiko tak terduga di masa yang akan datang. Peran asuransi secara garis besar adalah bersifat perlindungan terhadap resiko yang tidak bisa diprediksi.

Dengan membeli dan memakai jasa asuransi artinya Anda mempersiapkan sesuatu hal yang tidak terprediksi nanti di masa depan. Asuransi meliputi banyak hal termasuk asuransi jiwa asuransi kesehatan dan yang lainnya. Bagi Anda yang penasaran jenis asuransi, simak beberapa jenis asuransi berikut ini.

Asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan artinya memberikan sebuah jaminan tentang hal-hal yang yang tak terduga di masa datang terutama untuk kesehatan nasabah. Layanan dari asuransi Kesehatan Ini meliputi asuransi rawat jalan dan asuransi rawat inap, serta asuransi kesehatan dengan santunan harian.

Asuransi jiwa. Asuransi jiwa biasanya digunakan untuk meminimalisir resiko jika terjadi hal yang tidak diinginkan (meninggal) pada pencari nafkah utama keluarga.

Asuransi Pendidikan. Asuransi Pendidikan memberikan kemudahan untuk menjamin masa depan anak. Anda bisa mulai mempersiapkan dana Pendidikan sejak anak masih balita.

Asuransi rumah. Asuransi jenis ini menjamin segala resiko yang terjadi pada rumah Anda. Mengingat rumah merupakan kebutuhan priper yang wajib di pertahankan. Asuransi ini membantu Anda meminimalisir resiko seperti kebakaran, pencolongan, dan lainnya.

Asuransi kendaraan. Hampir mirip dengan asuransi rumah, asuransi jenis ini membantu Anda meminimalisir resiko yang terjadi pada kendaraan. Misalnya risiko kecelakaan atau pencurian.

Asuransi kecelakaan. Selanjutnya, asuransi kecelakaan. Asuransi ini membantu Anda jika terjadi hal tak terduga kecelakaan. Membantu membiayai biaya medis ataupun kesehatan Anda jika mengalami kecelakaan.

Gimana, sudah ada beberapa padangan mengenai pengertian dari asuransi dan jenisnya? Tapi sudah tahukah Anda tentang bagaimana aturan main dalam pembayaran asuransi ini? Pembayaran asuransi ini biasanya disebut dengan premi. Apa itu premi? Simak penjelasan berikut ini ya.

Apa itu premi?

Dalam dunia asuransi premi adalah biaya yang harus dibayar oleh nasabah kepada perusahaan asuransi. Dalam aturan main pembayaran perusahaan melihat beberapa aspek dari nasabah sebagai parameter ukur jumlah pembayaran yang dilakukan oleh nasabah. Artinya bisa jadi nasabah memiliki jumlah pembayaran yang berbeda dengan nasabah yang lain kepada perusahaan asuransi. Apa saja faktor yang mempengaruhi besar premi?

Profesi Nasabah. Faktor yang mempengaruhi premi yang pertama adalah profesi nasabah. Semakin rumit profesi dan beresiko, akan semakin besar biaya premi.

Kebiasaan Hidup Nasabah. Kebiasaan buruk juga berpengaruh pada premi. Misalnya kebiasaan merokok, atau kebiasaan lain yang bersifat negative. Jadi hal ini perlu Anda pertimbangkan.

Share jika artikel ini bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.