Blog Informasi Viral

Manfaat Senam Kegel dan Cara Melakukannya dengan Benar – SehatQ

Tak banyak orang tau mengenai senam kegel dan manfaatnya. Padahal dengan rutin melakukan senam kegel selama beberapa bulan, Anda akan mendapatkan banyak manfaat senam kegel. Terutama untuk kesehatan wanita.

Apa Sebenarnya Senam Kegel?

Senam kegel merupakan senam khusus yang banyak disarankan untuk wanita. Senam ini dilakukan dengan melakukan gerakan menahan dan melepaskan otot area panggul. Senam ini bisa digambarkan secara sederhana sebagai gerakan otot yang biasa Anda lakukan saat menahan kencing dan menahan posisi panggul.

Senam ini secara medis diklaim akan sangat membantu Anda memperkuat area otot panggul. Dengan otot panggul dan serviks yang sehat, maka seorang wanita dapat melakukan aktivitas seksual dengan lebih optimal.

Otot yang kuat membantu Anda bertahan dalam aktivitas seksual dengan durasi lebih panjang, lebih kuat dan lebih memuaskan. Bisa dikatakan ini adalah manfaat senam kegel yang paling banyak didengungkan.

Apa Manfaat Senam Kegel Untuk Wanita?

Dibandingkan pria, otot panggul wanita pada umumnya mengalami tekanan lebih kuat seiring dengan waktu. Kehamilan, proses persalinan, berat badan yang meningkat menjadi sejumlah alasan mengapa wanita semakin berusia akan semakin mengalami pelemahan otot panggul.

Lemahnya otot panggul akan menyebabkan sejumlah keluhan seperti sulit menahan rasa ingin kencing, ketidak nyamanan saat beraktivitas seksual, mudah lelah di area panggul, rasa pegal di sekitar pinggang yang terus menerus. Kadang wanita akan merasa linu hanya karena mengangkat barang atau bangun dari jongkok.

Itulah mengapa senam kegel disarankan untuk wanita. Senam kegel akan melatih otot panggul yang sudah lemah untuk terus berkontraksi hingga kembali kuat. Manfaat senam kegel dalam jangka panjang dapat membantu wanita mengontrol kembali rasa ingin kencing, memperbaiki kualitas seksual serta membantu wanita menahan beban aktivitas harian dengan lebih baik.

Bahkan disarankan untuk melakukan kegiatan senam ini dengan rutin dalam jangka panjang oleh wanita. Karena ini akan membantu menjaga kepadatan dan densitas otot area panggul hingga usia manula.

Wanita yang rutin melakukan senam kegel akan merasakan manfaat lebih di masa tua. Karena akan tetap merasa nyaman beraktivitas sehari hari tanpa harus kerap terganggu keluhan nyeri otot dan sendi area panggul.

Bagaimana Senam Kegel Dilakukan?

Meski mungkin Anda sudah kerap mendengar mengenai manfaat senam kegel, Anda mungkin tidak memahami benar bagaimana senam kegel ini dilakukan. Bagaimana cara tepat melakukan senam kegel.

Senam kegel dilakukan dengan berpusat pada otot panggul. Anda mungkin tidak mengenali area mana yang dimaksud dengan otot panggul dasar. Meski sebenarnya tidak sulit untuk mengenalinya. Ini adalah otot yang bekerja pada saat Anda menahan kencing. Ketika Anda melakukan BAK, coba hentikan aliran air urin, dan rasakan area otot mana saja yang berkontraksi.

Untuk Anda yang pemula, lakukan senam kegel ini sembari berbaring. Lakukan dengan cara menahan dan melepaskan otot panggul persis seperti Anda menahan kencing. Lakukan dalam hitungan 3 detik dan ulangi berulang ulang dalam hitungan 8 kali dalam satu sesi. Ulangi gerakan ini sebanyak 3 kali.

Untuk memastikan gerakan ini tidak salah Anda lakukan, pastikan area perut, area pantat dan paha tidak turut berkontraksi. Pastikan untuk hanya fokus pada area otot panggul saja. Pastikan pula area panggul Anda tertahan di matras dan tidak terangkat. Lakukan pernafasan relaks sembari senam dilakukan.

Nantinya setelah Anda sudah terbiasa dengan gerakan dari senam kegel, Anda bisa mulai melakukannya dalam banyak posisi. Latihan ini sebenarnya bisa Anda lakukan dalam banyak posisi dan kegiatan. Bahkan saat Anda melakukan kegiatan Anda sehari hari.

Itulah sedikit gambaran mengenai bagaimana cara melakukan senam kegel dan manfaat senam kegel itu sendiri. Dapatkan lebih banyak informasi artikel kesehatan dan review lainnya dalam laman sehatQ.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.