Blog Informasi Viral

Ini 5 penyebab darah rendah yang harus Anda waspadai

Tekanan darah nyatanya dapat berubah-ubah tidak hanya naik namun di saat tertentu tekanan darah juga dapat turun. Tekanan darah rendah atau dikenal juga dengan nama hipotensi bisa dialami oleh siapa saja. Karena di sini bisa mengganggu kondisi tubuh Anda maka perlu untuk memahami apa itu hipotensi serta apa saja penyebabnya.

Apa Penyebab Tekanan Darah Rendah?

Normalnya tekanan darah manusia yaitu berada di kisaran 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Selama di sini berada dalam rantang angka tersebut maka tekanan darah masih bisa dikatakan normal. Naik turunnya tekanan darah pada dasarnya di sini merupakan hal yang sangat wajar.

Tapi ketika tekanan darah tersebut berada di angka di bawah 90/60 mmHg, hal tersebut menandakan bahwasanya tekanan darah tengah berada dalam ambang batas bawah. Dengan kta lain Anda tengah mengalami tekanan darah rendah atau hipotensi.

Tekanan darah rendah biasanya tidaklah berbahaya. Kondisi seperti itu umumnya juga tidak berlangsung dalam jangka waktu yang terlalu lama. Akan tetapi untuk beberapa kasus tekanan darah rendah juga bisa mengakibatkan pusing dan juga lemas.

Siapa saja di sini dapat mengalami tekanan darah yang rendah hanya saja beberapa orang memang dinilai mereka lebih rentan untuk mengalami. Terdapat beberapa faktor risiko yang mengakibatkan orang mengalami tekanan darah rendah.

Beberapa faktor risiko tersebut yaitu usia, kondisi kesehatan tertentu, pengobatan yang tengah dijalani serta cuaca. Selain dari beberapa faktor risiko yang telah disebutkan, tekanan darah juga dapat dipicu oleh beberapa hal.

Mengalami Dehidrasi

Terdapat korelasi yang kuat antara volume darah dengan tekanan darah. Saat tubuh seseorang di sini mengalami kekurangan cairan maka volume darah pun akan berkurang. Hal itulah yang kemudian akan menyebabkan tekanan darah tersebut jadi rendah.

Supaya tekanan darah di sini jadi lebih terkendali maka kebutuhan tubuh terhadap cairan pun perlu untuk dipenuhi. Minum air putih sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian nantinya tekanan darah pun tidak akan turun secara drastis.

Kehamilan

Ketika hamil sirkulasi darah di dalam tubuh pun akan berkembang. Perkembangan tersebut dapat mengakibatkan banyak hal yang terjadi pada tubuh seorang ibu yang hamil salah satunya yaitu turunnya tekanan darah. Umumnya kondisi seperti ini akan dialami oleh seorang ibu ketika minggu pertama hingga minggu ke-24.

Anemia

Anemia merupakan sebuah kondisi di mana hemoglobin di dalam tubuh berada di bawah batas normal. Hal tersebut bisa diakibatkan oleh beberapa hal selain karena di sini kekurangan zat besi, pendarahan pun juga dapat memicu terjadinya anemia.

Ketika tubuh mulai kekurangan hemoglobin hal tersebut akan mengakibatkan tekanan darah jadi turun. Itulah mengapa di sini seseorang yang mengalami anemia umumnya juga akan mengalami tekanan darah yang rendah.

Kekurangan Nutrisi

Tubuh memerlukan nutrisi agar bisa menjaga produksi sel darah merah. Beberapa nutrisi ini diantaranya yaitu zat besi, vitamin B12 dan asam folat. Ketika kekurangan nutrisi tersebut tubuh pun akan mulai mengalami anemia tekanan darah akan jadi rendah.

Penyakit Jantung

Terdapat beberapa penyakit jantung yang di sini bisa mengakibatkan tekanan darah jadi rendah. Beberapa diantaranya yaitu jantung lemah, serangan jantung, gagal jantung serta penyakit katup jantung.

Selain kelima hal di atas hipotensi juga dapat diakibatkan oleh karena reaksi alergi yang parah infeksi, pendarahan, ketidak seimbangan hormon serta konsumsi obat-obatan tertentu. Karena itu, bagi Anda yang sering terkena tekanan darah rendah, sebaiknya Anda perlu waspada dan tetap menjaga pola hidup yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.