Blog Informasi Viral

HOAKS Babi Ngepet di Sawangan Kota Depok, Hanya Karangan karena Pelaku Ingin Dikenal Warga

Kejadian yang bikin heboh Tanah Air, yakni penangkapan babi ngepet ternyata hanya karangan oknum. Diketahui, akhir akhir ini seekor babi menjadi perbincangan publik. Setelah warga Bedahan, Sawangan, Kota Depok mengaku telah menangkap seekor babi yang disebut babi ngepet.

Namun, polisi akhirnya mengungkap fakta sebenarnya. Semua cerita tersebut hanyalah karangan saja. "Jadi berita yang viral tiga hari ini itu (babi diduga jadi jadian) adalah bohong," ujar Kombes Pol Imran Edwin Siregar, Kamis (29/4/2021).

Lalu bagaimana kronologinya? Polisi telah mengamankan satu pelaku, yakni Adam Ibrahim. Saat ditanya, ternyata Adam tak melakukan aksi ini sendirian.

Ada delapan warga yang ikut terlibat. Alasannya pun hanya karena ia ingin lebih terkenal di lingkungan rumahnya. Lalu darimana Adam mendapatkan babi?

Ternyata keberadaan babi yang hebohkan warga ini sengaja dibeli Adam melalui online. Adam Ibrahim merogoh kocek Rp 900 ribu dengan ongkos kirim Rp 200 ribu untuk melancarkan aksinya ini. Bahkan Adam telah merencanakan hal ini sejak Maret lalu.

Kini, karena perbuatannya Adam diamankan polisi. Ia dikenakan Pasal 14 Ayat 1 dan atau Ayat 2 Undang Undang Dasar Nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana dengan ancaman hingga 10 tahun penjara. Polisi membongkar kuburan bangkai babi yang diduga jadi jadian dan dipindahkan demi menghindari terjadinya kerumunan masyarakat, pada Rabu (28/4/2021) kemarin.

Pasalnya, tak dipungkiri bahwa kuburan yang diduga babi ngepet ini masih menjadi pusat perhatian. Terbukti dengan beberapa orang yang datang hanya untuk menebus rasa penasarannya melihat kuburan babi ini Sebelumnya, kuburan bangkai babi tersebut sudah sempat dibongkar dan dipindahkan dari tempat semula.

Kemudian, bangkai babi tersebut kembali dikuburkan di sebuah lahan kosong yang hanya berjarak beberapa meter dari lokasi penguburan awal. "Iya anggota melakukan pembongkaran karena masih menjadi perhatian masyarakat," kata Kapolsek Sawangan, AKP Rio Mikael, saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (29/4/2021). "Untuk menghindari kerumunan massa juga ya, karena dikhawatirkan menimbulkan penularan Covid 19," timpalnya lagi.

Saat ini, bangkai babi tersebut pun diamankan untuk sementara ke Polsek Sawangan. Rio mengatakan, pihaknya juga tengah meminta klarifikasi dari sejumlah warga yang turut terlibat dalam penangkapan babi ini. Sebelumnya diberitakan, warga di RT 02/04 Kelurahan Bedahan, Sawangan, Kota Depok, digegerkan dengan penangkapan hewan yang diduga babi ngepet pada Selasa (27/4/2021) dini hari.

Dugaan bahwa hewan ini adalah babi ngepet, diakui warga dari banyaknya peristiwa hilangnya uang warga secara misterius, mulai dari nominal ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Lantaran viral dan menyedot perhatian publik hingga ratusan orang berbondong bondong mendatangi lokasi kejadian, babi tersebut pun disembelih pada siang harinya dan dikuburkan persis di area pemakaman warga sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.