Blog Informasi Viral
Travel  

Destinasi Wisata Candi Borobudur Magelang, Jawa Tengah

Candi Borobudur merupakan salah satu candi yang ada di Indonesia. Candi ini masuk ke dalam salah satu keajaiban dunia sehingga namanya semakin dikenal bukan hanya dalam ranah nasional tetapi juga internasional. Candi ini berada di Magelang Jawa Tengah dan merupakan kuil Buddha terbesar di dunia.

Candi Borobudur mencapai 2500 m2, lebar 121,38 m2, panjang 121,66 m2 dan tinggi Borobudur mencapai 35,40 meter. Hanya dari segi skala yang luas, candi ini juga memiliki banyak fakta unik mulai dari sejarah dan hal-hal terkait lainnya yang tidak kalah menarik. Langsung simak selengkapnya di bawah ini.

Sejarah Candi Borobudur

Candi Borobudur sendiri diperkirakan dibangun pada abad ke-8 atau sekitar tahun 750an Masehi tepatnya pada pemerintahan Dinasti Syailendra. Pembangunan Candi Borobudur sendiri diperkirakan menghabiskan waktu hingga 75 tahun dan rampung pada masa pemerintahan Raja Samaratungga.

Jika dilihat dari posisinya, Candi Borobudur ini berada di atas bukit hijau yang tampak asri sehingga para pengunjung yang datang bisa sekaligus melihat pemandangan yang memanjakan mata. Apabila dilihat dari struktur bangunannya Candi ini terdiri atas berjuta-juta blok batu. Candi Borobudur ini juga dihiasi oleh 2672 panel relief dan sekitar 541 patung Buddha.

Berbagai destinasi di Candi Borobudur

Berkunjung ke Candi Borobudur juga memberikan kesempatan untuk menikmati berbagai destinasi yang ada. Hal tersebut hadir dari beragam objek wisata yang menarik di sekitar candi. Setidaknya ada 3 museum yang bisa dikunjungi yaitu museum Borobudur, Museum Muri dan Museum Kapal Samudraraksa.

Bagi para pengunjung yang ingin melihat pemandangan indah maka salah satu sport yang bisa di Tetani adalah punthuk Setumbu yang ada di barat Candi Borobudur. Di lokasi ini para pengunjung bisa menikmati sunset maupun sunrise.

Kuliner di sekitar Candi Borobudur

Tidak lengkap rasanya mengunjungi suatu tempat tanpa mencoba kuliner yang ada di sekitarnya. Ketika perut gak terasa lapar saat mengunjungi Candi Borobudur maka para pengunjung bisa memilih untuk menyambangi tempat-tempat makan yang tersedia.

Salah satu makanan khas yang bisa ditemukan di sekitar Candi Borobudur adalah olahan ikan yang diberi nama mangut beong atau ndas beong. Selain itu masih ada makanan lainnya seperti sego godog dan kupat tahu yang tidak kalah menggiurkan untuk dicoba. Jika masih kurang sop senerek dan nasi lesah juga bisa menjadi pilihan lainnya yang tidak kalah menggoda dan nikmat dari oleh oleh khas Sumatera Barat.

Cara untuk Sampai ke Magelang

Untuk bisa mencapai Magelang, para pengunjung bisa memilih jalur udara maupun darat. Udah jauh dari sendiri bisa ditempuh menggunakan transportasi seperti kereta api maupun mobil sementara untuk jalur udara bisa menggunakan pesawat terbang.

Untuk jalur udara pengunjung bisa mendarat di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan ke kota Magelang menggunakan angkutan umum maupun menyewa kendaraan selama kurang lebih 1 jam perjalanan.

Sementara itu jika menggunakan jalur darat bisa melalui jalur tol Trans Jawa dari Jakarta. Biasanya jalur darat ini memakan waktu sekitar 8 jam menggunakan mobil pribadi. Selain menggunakan mobil para pengunjung juga bisa menggunakan bis antar kota akan berhenti di terminal Soekarno Hatta.

Nah, dari keseluruhan, bisa dilihat bahwa Candi Borobudur bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi menghabiskan masa liburan nih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.