Beberapa Posisi Menyusui Bayi yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa Posisi Menyusui Bayi yang Perlu Anda Ketahui

Salah satu perlengkapan yang perlu disiapkan untuk bayi yang masih baru lahir yakni popok bayi. Namun tahukan anda bahwa harga yang ditawarkan cukup beragam, baik dari harga yang rendah, standart, bahkan yang mahal sekalipun.

Akan tetapi, jika ingin mendapatkan popok dengan harga murah. Anda bisa membelinya dengan mengikuti promo popok bayi. Tentu ini ada hal yang sangat menyenangkan bagi ada para ibu. Hal penting lainnya yang harus diperhatikan ketika memiliki seorang bayi yakni posisi pada saat menyusui.

Yang mana posisi Menyusui bayi ini tidak dapat dilakukan secara sembarangan, melainkan terdapat beberapa trik terntentu yang harus diikuti. Bagi anda yang penasaran, simak saja yuk ulasan di bawah ini !

Bagaimana Posisi Menyusui Bayi yang Benar dan Tepat?

 

1. Menyusui Bayi dengan Posisi Cross-Cradle

Salah satu posisi yang bisa Anda lakukan pada saat menyusui yaitu dengan posisi Cross-Cradle. Posisi seperti ini biasanya dilakukan dengan cara menyangga payudara ibu menggunakan lengan kiri dan lengan kanan fokus untuk menyangga kepala bayi.

Pada saat itu letakkan ibu jari dan telunjuk bayi dibelakang telinga bayi. Dan pastikan bahwa leher dan pundak bayi bersandar pada tangan ibu.

2. Menyusui Bayi dengan Posisi Football

Untuk metode selanjutnya ketika menyusui si kecil bisa dilakukan dengan posisi Football. Ini merupakan cara tepat yang bisa dilakukan oleh seorang ibu yang melahirkan secara tidak normal atau melalui Caesar. Posisi ini bisa dilakukan dengan cara menggendong bayi pada sisi samping badan ibu.

Tapi sebelum menyusui pastikan dulu bahwa si kecil mau  menyusu di payudara  mana.  Anda bisa membaringkan si  kecil  telentang jika bayi ingin menyusu pada payudara sebelah kanan.  Pastikan bahwa kepala bayi disokong dengan menggunakan tangan kanan, lalu pada bagian dalam lengan kanan si ibu menyangga kepala bayi. Jangan lupa juga posisi badan bayi harus lebih tinggi hingga mulut bayi berada pas didepan puting.

3. Menyusui Bayi dengan Posisi Crossover Hold

Bagi seorang bayi yang baru lahir, tak semua bisa meminum asi dengan baik. Ada yang lancar saat menyusu dan ada juga bayi yang kesulitan menempelkan mulutnya pada puting payudara ibu.

Oleh sebab itu, jika kondisi seperti ini terjadi maka disarankan untuk menyusui si bayi dengan posisi Crossover Hold. Yang mana Crossover Hold ini adalah tekhnik menyusui yang hampir sama dengan menggunakan teknik menggendong silang atau menggunakan tangan yang berlawanan dengan payudara yang digunakan untuk menyusui.

Teknik ini bisa dilakukan dengan cara memegang kepala bayi dengan menggunakan tangan yang berlawanan dengan posisi payudara. Pada saat proses menyusui anda dapat menyagga kepala, dada dan perut bayi agar bisa menghadap ke dada dan perut si ibu. Kemudian arahkan mulut si bayi ke puting susu dengan menggunakan ibu jari.

4. Menyusui dengan Posisi Berbaring Miring

Selain menyusui dengan posisi Crossover Hold, anda juga bisa menyusui bayi dengan posisi sambil berbaring miring. Secara umum, posisi ini membuat si kecil dan ibu merasa nyaman, dimana Ibu dan bayi berbaring miring, berhadapan satu sama lain.

Pada saat menyusui badan ibu dapat ditahan oleh bantal di bagian punggung dan lutut. Lalu lingkarkan lengan ibu dan sangga punggungnya si bayi. Namun pada saat kondisi seperti ini pastikan bahwa kepala bayi tidak tertekuk dan posisi badannya tetap lurus. Jangan lupa untuk memposisikan mulut si kecil setinggi puting ibu.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.