Blog Informasi Viral
Corona  

Antisipasi Covid-19 Varian Delta di Riau, Legislator PDIP Desak Pemerintah Pusat Bantu Pelacakan

Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan (PDI) daerah pemilihan Riau, Effendi Sianipar mendesak pemerintah pusat segera membantu satuan tugas (Satgas) Covid 19 Riau melakukan pelacakan virus varian berbahaya itu dengan menggunakan Whole Genome Sequencing (WGS). Hal itu untuk menyikapi penyebaran Covid 19 di Provinsi Riau yang tak kunjung terkendali, ditambah ancaman yang menjadikan Riau sebagai salah satu Provinsi rawan penyebaran Covid 19 varian Delta. "Penyebaran Covid 19 di Riau masih belum terkendali, sekarang Provinsi Riau dinyatakan sebagai daerah yang sensitif penyebaran Covid 19 varian Delta. Untuk itu Pemerintah pusat melalui kementerian terkait, tolong segera bantu melakukan pelacakan virus Covid 19 varian Delta itu di Provinsi Riau. Sekali lagi tolong dibantu Satgas Covid 19 di Riau," katanya kepada wartawan, Jumat (9/7/2021).

Dikatakan Effendi, mengingat sebelumnya Gubernur Riau Syamsurizal mengeluhkan sulitnya mendatangkan alat Whole Genome Sequencing (WGS) untuk mendeteksi Covid 19 varian Delta di Provinsi Riau. Menurutnya, keluhan itu harus segera ditanggapi oleh pemerintah pusat dengan membatu penanganan penyebaran Covid 19 di Provinsi Riau, baik dengan suplai alat pendeteksi Covid 19 serta kebutuhan obat obatan. Terhadap kondisi Provinsi Riau yang saat ini dinyatakan sebagai daerah sensitif terhadap penyebaran Covid 19 varian Delta oleh Menteri Kesehatan, Effendi meminta kepada seluruh masyarakat di Provinsi Riau untuk meningkatkan kedisiplinan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari hari.

"Kepada seluruh masyarakat di Riau, saya sangat memohon mari kita semua tingkatan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan. Selalu pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan dan kurangi beraktivitas di luar rumah," ujar Anggota Komisi IV DPR RI itu. Sebelumnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berencana mendatangkan alat Whole Genome Sequencing (WGS) untuk mendeteksi varian Delta di Provinsi Riau. Hal itu menindaklanjuti arahan Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin yang mengingatkan tujuh provinsi di luar Pulau Jawa, termasuk juga Provinsi Riah akan ancaman penularan Covid 19 varian Delta yang pertama kali ditemukan di India.

Atas arahan Menkes, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar langsung menggelar pertemuan terbatas dengan Forkopimda Riau untuk antisipasi penyebaran varian Delta dan kemungkinan akan mendatangkan pengadaan alat pendeteksi varian Delta. Hanya saja, lanjut Gubri, persoalannya saat ini Laboratorium Biomolekuler Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Riau belum bisamendeteksi varian baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.