5 Tips Mengelola Keuangan Apotek Anti Bangkrut

5 Tips Mengelola Keuangan Apotek Anti Bangkrut

Mungkin Anda memakai sistem keuangan manual dalam mengelola keuangan bisnis apotek selama ini. Sistem manual membutuhkan perlengkapan dan sumber daya manusia yang membuat operasional usaha meningkat. Padahal Anda bisa melakukan efisiensi pengelolaan keuangan apotek dengan memakai kecanggihan teknologi. Software apotek online bisa menjadi solusi untuk Anda yang mengelola dan mengontrol keuangan apotek lebih mudah dan praktis.

Kiat Mengatur Keuangan Bisnis Apotek

Manajemen keuangan merupakan hal fundamental dalam bisnis agar bisa berkembang pesat tanpa merugi. Bisnis apotek Anda yang masih dalam tahap awal pun, wajib memiliki manajemen keuangan yang baik. Bila Anda masih bingung mengenai cara mengelola keuangan apotek yang baik, maka simak beberapa tips penting berikut :

1. Mencatat stok dengan baik

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan adalah mencatat stok obat-obatan dengan baik. Anda harus memiliki kartu stok obat-obatan sederhana yang berisi informasi mengenai nama produk, tanggal kadaluarsa, jumlah, harga pokok, dan lain-lain. Informasi yang rinci bisa membantu Anda mengelola persediaan obat-obatan mulai jenis obat yang paling cepat laris, obat-obatan yang mendekati tanggal kadaluarsa, obat-obatan yang baru masuk gudang, dan informasi penting lainnya.

2. Membuat kas masuk dan keluar

Kas masuk dan keluar harus dicatat dengan baik agar Anda bisa melihat besar pemasukan lebih besar dari pengeluaran. Anda harus melakukan pencatatan secara teliti agar laporan kas harian selalu balance.

3. Membuat pencatatan pembukuan

Selain laporan kas harian, Anda harus memiliki tim keuangan yang bisa membantu mengelola manajemen keuangan apotek dengan baik. Pencatatan pembukuan apotek harus dibuat secara terperinci guna memudahkan pengecekan dan evaluasi kelak. Pembukuan paling sederhana mencakup laporan keuangan laba rugi mulai pemasukan, pembayaran hutang, biaya-biaya operasional, penyusutan akomodasi apotek, dan lain-lain.

Semakin besar potensi apotek Anda menghasilkan pendapatan yang tinggi, maka Anda membutuhkan manajemen keuangan yang lebih baik. Apalagi Anda harus berurusan dengan laporan laba rugi yang dibutuhkan pihak kedua untuk keperluan mendapatkan tambahan dana investor atau keperluan pelaporan ke kantor pajak.

4. Evaluasi keuangan

Laporan laba rugi yang dibuat tim keuangan menjadi bahan evaluasi yang berharga untuk kelanjutan bisnis Anda. Anda bisa menjadikan hasil keuangan perusahaan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan bisnis selanjutnya. Ingin menambah pelayanan bisnis apotek yang mencakup persewaan alat medis atau fasilitas kesehatan lain, Anda membutuhkan laporan keuangan yang sehat agar bisa mendukung kelanjutan usaha secara konsisten.

5. Gunakan software apotek online

Kini Anda tidak perlu bingung melakukan pencatatan keuangan secara manual sebab bisa memakai peralatan yang memakai kecanggihan teknologi. Rekomendasi softwareapotekonline.com aplikasi yang terintegrasi dengan database komputer apotek Anda sangat wajib dipakai di era digital. Pasalnya, Anda tidak perlu melakukan pembukuan secara manual lagi sebab semua bisa diakses dari data website langsung.

Anda yang tengah melakukan urusan bisnis di luar kota pun, bisa tetap memantau kondisi penjualan dan omzet apotek dari ponsel saja. Ponsel sudah tersambung dengan komputer apotek memakai aplikasi software online ini. Sangat mudah, praktis dan lebih efisien, bukan?

Tidak hanya kemudahan mengecek stok obat yang ada lewat kartu stok Vmedis, Anda yang punya bisnis apotek bisa mengelola keuangan apotek lebih mudah. Mau membayar hutang pada supplier yang jatuh tempo, tinggal cek lewat layanan mobile yang praktis. Database menggunakan sistem Cloud yang aman dari risiko pencurian data, kenapa tidak? Yuk, segera gunakan software apotek online yang memiliki fitur lebih lengkap untuk mendukung bisnis apotek Anda lebih lancar!

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.