5 Tips Belanja Online yang Aman dan Nyaman

5 Tips Belanja Online yang Aman dan Nyaman

Anda ingin tahu cara aman dan nyaman belanja online? Yuk, ikuti tips-tipsnya dalam pembahasan berikut ini!

Belanja online menjadi pilihan cerdas di zaman sekarang bagi mereka yang memiliki sedikit waktu luang. Namun, belanja online juga kerap membuat seseorang merasa kurang nyaman. Pasalnya, konsumen tidak dapat menyentuh produk maupun melihat secara langsung penjualnya.

Kelemahan belanja online tersebut sering kali dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk menipu konsumen. Salah satu contohnya, konsumen kerap diminta mengirim sejumlah uang, tetapi barangnya tidak pernah sampai ke tempat tujuan.

Lantas, bagaimana cara belanja online yang nyaman dan aman? Simak tips-tipsnya berikut ini!

Pilih Situs Belanja yang Menggunakan Rekening Bersama

Ketika Anda ingin membeli barang, sebaiknya memilih situs belanja yang menyediakan rekening bersama. Biasanya, rekening bersama dibuat atas nama e-commerce—tempat membeli barang. Pembeli bisa mentransfer pembayaran ke rekening tersebut.

Selama barang belum dikirim, uang pembayaran tidak akan diteruskan ke rekening penjual. Jika pengiriman gagal, secara otomatis uang dikembalikan ke rekening pembeli.

Cek Testimoni Pelanggan sebelum Membeli

Testimoni merupakan kesan pengguna atas produk yang dibeli dari suatu tempat. Umumnya, testimoni dicantumkan di website atau halaman beranda e-commerce.

Sementara itu, testimoni terdiri dari ulasan, rating e-commerce, serta kolom komentar. Jika e-commerce mendapatkan lebih banyak testimoni negatif, sebaiknya Anda menghindari. Pasalnya, testimoni menggambarkan kredibilitas e-commerce.

Pastikan Membaca Deskripsi Produk

Deskripsi yang baik biasanya sesuai dengan gambar atau foto produk. Jadi, pastikan Anda tidak melewatkan satu pun setiap kalimat dalam deskripsi. Terutama bagi yang membeli pakaian; cek kembali ketersediaan ukuran, warna, serta modelnya.

Setelah membaca deskripsi produk, Anda bisa memasukkannya ke keranjang belanja. Jika tidak ada barang lain yang akan dibeli, segera lunasi tagihannya. Anda dapat menggunakan kartu kredit, transfer bank, atau layanan paylater Traveloka untuk membayarnya.

Jangan Mudah Tergiur Barang Murah

Apakah Anda pernah mengikuti flash sale? Biasanya, produk flash sale dijual dengan harga murah meriah. Namun, hati-hati; tidak semua toko menyediakan produk murah berkualitas. Bisa jadi, produk yang ditampilkan di web berbeda dengan aslinya.

Bayar dengan Paylater

Paylater merupakan salah satu solusi nyaman belanja online saat Anda belum memiliki uang. Salah satu yang bisa diandalkan adalah paylater Traveloka. Dengan paylater ini, siapa pun boleh berbelanja, tanpa harus membayarnya sekarang.

Traveloka menawarkan paylater untuk pembayaran tiket liburan, membeli voucher restoran favorit, serta belanja barang secara online. Anda juga bisa menggunakan paylater ketika memesan tempat menginap, transportasi, dan tiket tempat wisata. Konsepnya mirip kredit konvensional, tetapi paylater tidak meminta agunan.

Untuk batas waktu pelunasan, Traveloka memberikan pilihan jangka waktu mulai 1 bulan. Sementara jangka waktu paling lama mencapai 12 bulan. Jika ingin mendapatkan tempo 12 bulan, tentu Anda harus meningkatkan skor kredit. Salah satu caranya dengan membayar tagihan sebelum jatuh tempo.

Lalu, berapa limit paylater di Traveloka?

Saat ini, pengguna bisa meminjam dana hingga Rp50 juta dengan suku bunga flat. Selain dipakai untuk belanja di Traveloka, Anda dapat menggunakannya di situs e-commerce lain. Batas pinjamannya sekitar 40—50 persen dari limit paylater di Traveloka.

Jika ingin mendaftar, Anda cukup menggunakan KTP, data pribadi, serta pekerjaan. Kemudian, untuk melunasi pembayaran, bisa melalui BCA virtual account atau transfer bank.

 

Itulah pembahasan singkat seputar tips-tips berbelanja online yang aman dan nyaman. Kini, belanja online dapat dilakukan kapan saja dengan paylater Traveloka. Anda juga bisa menggunakan fasilitas cicilan untuk meringankan pelunasan paylater. Tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasi Traveloka dan belanjakan kebutuhan Anda!

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *