5 Cara Mengatur Kas Masuk dan Keluar untuk Bisnis Pemula

5 Cara Mengatur Kas Masuk dan Keluar untuk Bisnis Pemula

Laporan kas masuk dan keluar merupakan salah satu laporan wajib perusahaan yang harus Anda perhatikan. Anda yang memiliki jenis usaha mikro atau kelas menengah tetap wajib membuat laporan keuangan laba rugi, laporan neraca, laporan modal, dan laporan arus kas ini. Laporan arus kas yang baik akan mengendalikan bisnis semakin lancar kemudian hari. Untuk mendukung pencatatan dan pelaporan transaksi masuk dan uang yang keluar setiap hari dari toko, pastikan Anda memakai software kasir yang kredibel.

Hal Penting Dalam Mengatur Arus Kas Usaha

Dalam menjalankan bisnis kecil-kecilan hingga berkembang lebih besar pun, Anda tidak boleh mengabaikan pengendalian kas bisnis. Bisnis yang besar bisa gagal dan bangkrut karena salah pengelolaan uang kas usaha. Berikut beberapa hal penting dalam mengatur arus kas dalam usaha Anda yang perlu diperhatikan yaitu :

1. Melakukan evaluasi dengan baik

Evaluasi keuangan dalam mengelola arus kas masuk dan keluar merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan. Untuk usaha yang masih sederhana, Anda bisa menggunakan metode arus kas jangka pendek. Artinya dana yang masuk bisa digunakan untuk pembelian bahan yang bisa dijual kembali sehingga arus kas lancar.

2. Membuat penjadwalan penagihan piutang dan pembayaran hutang

Anda harus memastikan penjadwalan penagihan piutang pada konsumen yang jatuh tempo ditata dengan baik. Tidak hanya piutang jatuh tempo saja, Anda juga harus memastikan peninjauan ulang pada daftar hutang yang harus dibayar. Sama seperti piutang usaha Anda, hutang usaha memiliki masa tempo yang perlu dibayar tepat waktu untuk menghindari denda atau bunga yang bisa membebani arus kas keluar Anda.

3. Lakukan stok produk dengan optimal

Arus kas yang sehat akan mendongkrak bisnis Anda berkembang semakin pesat nanti. Lakukan stok produk dengan optimal memakai dana kas yang ada. Namun, Anda bisa memilih pembiayaan dengan sistem cicilan atau memiliki jatuh tempo agar perputaran arus kas baik-baik saja. Apalagi Anda yang memiliki modal terbatas, maka usaha bisa tetap berjalan lancar tanpa suntikan dana lagi dan lagi.

4. Menyusun laporan arus kas

Susun laporan arus kas perusahaan Anda secara berkala sebagai bahan peninjauan dan evaluasi usaha. Laporan arus kas merupakan bagian penting dalam evaluasi bisnis sehingga Anda bisa mengambil keputusan selanjutnya.

5. Bisa memakai software akuntansi

Guna mendukung perkembangan usaha yang semakin lancar di era digital, Anda harus mengikuti tren yang bermanfaat untuk usaha kemudian hari. Alih-alih melakukan pencatatan dengan mesin kasir manual, Anda bisa menggunakan mesin pembayaran yang terintegrasi dengan software yang bisa diakses lewat ponsel atau PC.

Software akuntansi yang bisa memberikan laporan keuangan lebih detail dan cepat akan membantu mengembangkan bisnis Anda bisa bersaing di tengah gempuran ekonomi sekarang ini.

Anda yang tengah mencari informasi software akuntansi yang efisien dan hemat, sebaiknya pertimbangkan memilih software kasir dari Olsera. Pasalnya, Olsera menawarkan aplikasi kasir premium yang terintegrasi dengan Tokopedia dengan fitur baru berupa akunting Olsera. Anda bisa menikmati kemudahan melakukan pencatatan transaksi minim human error, kemudian laporan keuangan laba rugi, neraca, modal, dan laporan arus kas yang baik.

Daftar sekarang untuk mendapatkan langganan software andalan dari Olsera ini! Anda yang mau membuka usaha kedai kopi, toko retail, butik, dan masih banyak ide usaha lain, Olsera akan membantu custom software sesuai kebutuhan bisnis Anda. Bisnis yang bisa menghasilkan lebih banyak omzet pada masa pandemi, kenapa Anda tidak menjalankan inovasi ini?

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.